Resep Kue Kering Jahe dan Cara Membuatnya

Resep Kue Kering Jahe dan Cara Membuatnya. Kue kering merupakan kue yang pasti ada dan menjadi sajian saat perayaan hari besar, seperti ketika lebaran. Salah satu jenis kue kering favorit keluarga di Indonesia adalah kue kering jahe. Dengan cita rasa manis, renyah serta sensasi rasa hangat dari jahe pada kue ini bisa menjadi alternatif cemilan sehat dan menghangatkan. Jika Anda ingin membuat sendiri, berikut adalah resep kue kering jahe yang bisa Anda buat sendiri.

 Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai langkah dalam resep kue kering jahe yang lezat, pertama siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering ini tidak sulit didapatkan. Anda bisa mendapatkannya di toko bahan kue.

  1. Tepung terigu serba guna 350 gr
  2. Gula palem/gula merah 125 gr, serut
  3. Bubuk jahe / jahe serut 2 sdt
  4. Gula halus 25gr
  5. Telur 2 butir
  6. Margarin/mentega (suhu ruang) 100gr
  7. Madu 4sdm
  8. Bubuk kayu manis 1 sdt

Bahan-bahan untuk Icing

  1. Gula halus 150gr
  2. Pewarna makanan sesuai selera
  3. Air lemon/jeruk nipis 1/2 sdt
  4. Putih telur 1 butir
  5. Ekstrak vanilla 1/2 sdt

 

Cara Membuat Kue Kering Jahe

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, selanjutnya ikuti tahap-tahap pembuatan dalam resep kue kering jahe. Tahapan cara membuatnya pun sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Campurkan Bahan Kering lalu Ayak

Langkah pertama, campurkan terlebih dahulu bahan-bahan kering yang terdiri dari tepung terigu, bubuk kayu manis dan bubuk jahe. Jika sudah ayak bahan-bahan tersebut. Masukkan margarin, gula halus dan gula merah di wadah berbeda, lalu kocok hingga tercampur merata. Jika sudah merata masukkan madu dan kuning telur lalu kocok lagi sampai bahan-bahan menyatu.

  1. Masukkan Bahan Kering

Jika adonan sebelumnya sudah menyatu, selanjutnya masukkan bahan-bahan kering yang  sudah diayak. Apabila Anda menggunakan jahe parut, masukkan pada tahap ini. Kemudian campur dengan mixer berkecepatan rendah sampai adonan tercampur merata. Setelah adonan jadi, bungkus wadah plastik wrap lalu masukkan ke dalam lemari pendingin selama 30 menit hingga 1 jam.

  1. Bentuk Adonan

Setelah ‘diistirahatkan’ selama 30 menit sampai 1 jam, adonan sudah siap dicetak. Gilas adonan agar berbentuk lebih pipih dengan ketebalan sesuai selera Anda. Ketebalannya bisa 1/2-1cm. Anda bisa membentuk dengan cetakan dengan bentuk yang bervariasi dan lucu-lucu. Atau jika ingin bentuk lebih simple, tinggal buat bulatan dari adonan, lalu pipihkan dengan benda berbidang datar seperti gelas atau benda lain.

 

  1. Rias dengan Royal Icing

Untuk membuat kue kering jahe lebih menarik, Anda bisa menambahkan hiasan dari royal icing. Langkah terakhir dari resep kue kering jahe ini adalah membuat royal icing. Caranya, pertama kocok bagian putih telur hingga berbusa. Selanjutnya, masukkan air lemon dan gula halus dan ekstrak vanilla secara perlahan-lahan.

Kocok dengan mixer berkecepatan rendah hingga adonan mengental dan berubah seperti foam. Jika ingin membuat berwarna warni, pisahkan adonan menjadi beberapa bagian, lalu tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Masukkan ke piping bag, lalu hias di atas kue kering jahe yang sudah jadi sebelumnya. Terakhir, panggang di dalam oven dengan suhu 180° selama 15 menit.

Resep Kue Kering Lainnya: Kue Kering Egg Roll

Itulah tadi resep kue kering jahe yang bisa Anda ikuti untuk dibuat sendiri di rumah. Resep dan cara membuatnya sangat sederhana. Agar hasil kue yang Anda buat bisa bertahan lama, masukkan ke dalam toples dan tutup rapat. Hidangkan di sore hari bersama segelas teh hangat. Kue kering jahe akan semakin menghangatkan sore Anda bersama keluarga.