Mengenal Berbagai Manfaat Bawang Merah

Mengenal Berbagai Manfaat Bawang Merah. Setiap orang di Indonesia pasti memasukkan bawang merah sebagai salah satu bumbu yang harus ada di dalam masakannya. Bawang merah memang bisa membuat masakan menjadi lebih lezat. Mungkin beberapa diantara Anda ada yang enggan mengupas bawang merah ini karena takut membuat mata menjadi perih. Tapi jangan salah, tidak hanya sebagai bumbu masakan yang membuat setiap masakan menjadi lebih lezat, manfaat bawang merah juga lebih banyak lagi, terutama untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah untuk Tubuh

Bawang merah memiliki banyak kandungan nutrisi seperti zat besi, serat, kalsium, protein dan kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Jika selama ini Anda mengenal bawang merah hanya sebagai bumbu masakan saja, maka Anda harus mengetahui berbagai manfaat bawang merah lain terutama untuk kesehatan. Untuk itu simak beberapa manfaat dari bawang merah untuk kesehatan berikut.

  1. Membantu Membuat Kadar Gula Darah Menjadi Normal

Bagi penderita diabetes, bawang merah tergolong bahan masakan yang cukup aman dikonsumsi bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi. Sebagai sebuah penyakit yang cukup serius, penanganan diabetes memang tidak boleh sembarangan. Untuk mengatasi dan menurunkan kadar gula dalam darah, salah satunya bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi bawang merah mentah-mentah.

Hal ini pun sudah terbukti secara ilmiah melalui penelitian-penelitian yang sudah dilakukan para ahli. Dalam penelitian yang dilakukan tersebut, dapat dibuktikan jika bawang merah dapat meningkatkan kadar insulin sekaligus membantu terjadinya proses glikolisis. Proses inilah yang membuat penurunan gula dalam darah.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Satu lagi manfaat bawang merah yang cukup terkenal sejak dulu adalah manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam bawang merah ini terdapat kandungan polifenol yang bisa mengaktifkan antioksidan. Zat antioksidan inilah yang sangat berperan dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas serta membuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Tak hanya itu saja, di dalam bawang merah juga bisa menghentikan produksi kandungan histamine dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya reaksi alergi. Histamin inilah yang membuat Anda biasanya merasa gatal, merasa ingin bersin atau reaksi alergi lain. Jika dihentikan, tentu Anda tidak akan lagi mengalami reaksi alergi ini.

  1. Membantu dalam Program Diet

Kalau Anda sedang dalam masa atau program diet, memanfaatkan bawang merah sebagai salah satu bahan untuk melancarkan program diet tersebut adalah cara yang mudah dan efektif untuk dijalankan. Tidak seperti makanan lain yang mengandung banyak nutrisi penting, kandungan di dalam bawang merah memang tergolong kecil. Salah satu kandungan yang paling penting adalah kalium. Namun, biarpun bawang merah tidak memiliki kandungan nutrisi sebanyak bahan makanan lain, kandungan nutrisi di dalamnya juga tetap bisa meningkatkan kinerja dan fungsi tubuh secara optimal.

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bawang merah memang tidak mengandung nutrisi sebanyak bahan makanan lain. Salah satu kandungan zat di dalamnya misalnya serat larut yang disebut oligofructose. Serat ini merupakan makanan bagi bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pelancar pencernaan. Jika dikonsumsi, maka manfaat bawang merah akan membantu menjaga tingkat atau jumlah bakteri baik dalam usus. Sehingga, pencernaan lebih lancar sekaligus bisa mengatasi diare serta sembelit.

Itulah tadi berbagai manfaat bawang merah yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh. Sebagai bahan masakan yang mudah dijumpai, bawang merah bisa menjadi alternatif terbaik untuk memberikan manfaat kesehatan yang beragam bagi kesehatan tubuh.